Super Junior

super-junior-05

Super junior 05

Awalnya Super Junior bernama SM Junior yang merepretasikan SM Entertaiment, tapi setelah melakukan performance disalah satu acara intern SM, Lee Sooman berpendapat bahwa mereka itu “Super” maka jadilah mereka Super Junior.

Super junior diawal debutnya beranggotakan 12 orang dengan nama Super Junior 05 yang beranggotakan Leetuk, Heechul, Hankyung, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, dan Kibum yang tak usah diragukan lagi kehebatannya. Awalnya Super Junior 05 memiliki konsep yang sama dengan grup Jepang Morning Musume, yang membernya “graduate” akan digantikan oleh member baru. Namun Setelah melihat respon para fans maka konsep tersebut tidak jadi dipakai, setelah menambah 1 member lagi pada tahun 2006 Super Junior 05 menjadi “Super Junior” dengan beranggotakan 13 member.

"Super Junior" dengan 13 member

“Super Junior” dengan 13 member

Debut pada tanggal 6 November 2005 dengan single “Twins (knock out)” Super Junior 05 menjadi salah satu group korean yang meramaikan belantika musik korea. Setelah merilis albumnya pada tanggal 6 Desembar 2005, Super Junior 05 melakukan kolaborasi dengan TVXQ dengan lagu “Show me your love” yang membuat super junior 05 makin terkenal dan menjadi salah satu pendatang baru yang menjanjikan.

Pada tanggal 23 Mei 2006, SM entertaiment menambah 1 anggota baru yaitu Kyuhyun dan merubah nama “Super Junior 05” menjadi “Super Junior”. Pada saat itu Super Junior merilis single “U” yang kemudian menjadi sangat sukses dan mampu membuat Super Junior menggondol berbagai macam penghargaan seperti “Best New Group”, “Popularity Award” dan juga “songs mutizen Song Of The Week”.

Awal tahun 2007, Super Junior yang kerab disebut “suju” ini mulai “dikembangkan” dalam beberapa sub, seperti :

a. Suju KRY (Kyuhyun, Ryeowook, Yesung) Anggota: Kyuhyun, Ryeowook, Yesung Spesialisasi: Musik ballad K.R.Y adalah akronim untuk tiga orang yang tergabung di dalamnya. Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung merupakan tiga lead-vocal dalam grup Super Junior. Super Junior K.R.Y belum mengeluarkan album maupun single resmi, namun sering tampil mengisi soundtrack film dan drama. Jenis musik yang dibawakan umumnya ballad bertema kisah romens, fokus dari sub-group ini memang lebih kepada kativitas vokal.

superjuniorkry

Suju KRY

b. Suju T (Trot) Debut: Februari 2007 Anggota: Leeteuk, Heechul, Kangin, Shindong, Sungmin dan Eunhyuk. Spesialisasi: Musik trot, musik dan tarian yang diberi unsur komedi. T merujuk pada Trot. Musik tort adalah semacam musik tradisional Korea yang populer di jaman dahulu, Super Junior T mengemas nada trot dalam modern dan juga rap. Single mereka berjudul Rokuko sukses meledak dan dibuat versi bahasa Jepang dengan judul Rock&Go (kolaborasi dengan grup Jepang Moeyan).

superjuniort

Suju T

c. Suju H (Happy) Debut: Juni 2008 Anggota: Leeteuk (leader), Kangin, Sungmin, Yesung, Shindong dan Eunhyuk Spesialisasi; Musik dengan genre bubblegum-pop Super Junior Happy adalah sub-group terbaru yang anggotanya hampir sama dengan Super Junior T (hanya Heechul digantikan Yesung). Mereka mengambil arah musik ceria dan ringan dengan single Cooking? Cooking! Serta Pajama Party. Anggota dari Super Junior Happy umum aktif dalam berbagai reality-show dengan membawa imej fun dan happy—seperti nama sub-group mereka.

superjuniorh

Suju H

d. Suju M (Mandarin) Debut: April 2008 Anggota: Hangeng (leader), Siwon, Kyuhyun, Ryeowook, Donghae, Zhoumi dan Henry Spesialisasi: Lagu berbahasa China M adalah untuk Mandarin, menjelaskan bahwa sub-group ini dibuat untuk pasar China. Super Junior M merupakan sub-group dari Super Junior yang paling terkenal dan memiliki aktivitas individu yang serupa dengan Super Junior. Memiliki leader yaitu Hangeng, Super Junior M telah mengeluarkan satu album berjudul Me dan singel berjudul Super Girl pada 2009 lalu. Lagu-lagu mereka dibuat dalam bahasa China dan beberapa dibuat versi bahasa Korea. Dalam fanfiksi, canon kehidupan Super Junior M adalah yang termasuk sering diangkat.

suju-M

Saat Hankyung masih tergabung dalam Super Junior

Suju M

Suju M

Album kedua Suju sempat tertunda karena para membernya mengalami kecelakaan. Heechul yang mengalami patah tulang kaki karena kecelakaan mobil pada 1 Agustus 2006, menyusul kemudian kecelakaan yang melibatkan leeteuk, shindong, eunhyuk dan kyuhyun yang sampai membuat kyuhyun koma dan mengakibatkan kyuhyun tidak dapat mengikuti pembuatan film “Attack On the Pin Up Boys” bersama member lainnya.

Pada 21 September 2007, akhirnya Suju merilis “Don’t Don” yang mampu terjual 11.000 kopi dalam waktu 3 hari. Album ini juga menjadi terlaris ke-2 selama tahun 2007 dan menggondol banyak penghargaan seperti Mutizen, MKMF, MTV Asia Awards, dll. Mengakhiri masa promosi album kedua, Suju menggebrak pasar Asia dengan tour konser yang bertajuk “Super Show”.

Album ke-3 Suju yang berjudul “Sorry-Sorry” dirilis pada tanggal 12 Maret 2009 dan diorder sebanyak 150.000 keping hanya dalam seminggu dan lebih dari 29.000 kopi hanya dalam sehari dan menempati chart Hanteo peringkat pertama. Album ketiga ini sukses diberbagai negara dan banyak juga mendapatkan penghargaan. Dalam pembuatan album ke ketiga ini banyak juga kejadian-kejadian tak terduga misalnya 2 personel suju yaitu Heechul dan Kibum tidak terlalu berpartisipasi. Kibum yang fokus pada acting ditahun tersebut hanya berpatisipasi dalam photo jacket dan MV serta beberapa tv show dan pemotretan, sedangkan Heechul tidak bisa mengikuti koreografi dari lagu Sorry Sorry dikarenakan tulang kakinya yang pernah patah kambuh sakitnya dan dia dilarang melakukan koreografi yang berat.

suju-sorrysorry

Super Junior – Sorry Sorry

Kemudian Suju merilis album repackage dan merilis MV “Neorago”, Suju mengakhiri promosi album ke-3 mereka dan mulai berkonsentrasi dengan “Super Show 2”. Konser kali ini pun sukses dari tur sebelumnya, namun sayang ditengah-tengah gelaran tur tersebut pada bulan-bulan akhir 2009 Suju digoncang masalah yang lumayan pelik yaitu salah satu membernya “Kangin” terlibat dalam kasus perkelahian dan tabrak lari yang mengharuskan Kangin untuk berhenti beraktivitas sementara. Tak terlalu lama “Hangkyung” berniat mengakhiri kontrak dengan SM Entertaiment dikarenakan slave contract dan alasan kesehatan . Super Junior pun meneruskan tur mereka hanya dengan 10 member.

Tahun 2010 Suju melakukan comeback dengan album “Bonamana” dengan lagu andalan “Miina” yang berkonsep manly. Sayang kibum belum sempat hadir dalam aktivitas album ini. Setelah itu melanjutkan promo lagu “No Other” dan melanjutkan “Super Show 3” yang dimulai dari Korea dan masih berlangsung hingga sekarang. Tak hanya itu Super Junior juga disibukkan dengan “SMTown Concert” yang digelar di berbagai negara dan bahkan di Amerika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s